Monday, October 26, 2009

Surprise: tidak tahu Indonesia penghasil kakao ke tiga terbesar di dunia




Pameran Eurochocolate 2009 telah berakhir tanggal 25 Oktober 2009 kemarin. Walaupun di hari terakhir, pengunjung tetap membludak seperti layaknya hari lain khususnya di akhir pekan.

Indonesia yang menjadi tamu khusus pada pameran kali ini juga mendapat banyak pengunjung. Indonesia menampilkan berbagai produk terkait dengan kakao dan coklat termasuk juga keindahan seni, budaya, dan makanannya.

Salah satu kesan yang didapat dari pengunjung yang ditemui saat berkunjung ke paviliun Indonesia didapat bahwa sebagian besar pengunjung tidak mengetahui bahwa Indonesia adalah salah satu penghasil kakao terbesar di dunia. Mereka tahunya selama ini bahan baku coklat ini berasal dari daratan amerika latin atau afrika. Setelah dijelaskan bahwa Indonesia bahkan menjadi penghasil kakao terbesar ke tiga di dunia, banyak yang surprise tentang hal ini, sehingga meningkatkan keingintahuan mereka dengan menanyakan banyak hal termasuk meminta brosur yang disediakan di paviliun.

Partisipasi Indonesia sebagai negara tamu utama dalam pameran Eurochocolate 2009 ini akan memberikan informasi yang luas tentang potensi kakao Indonesia mengingat coverage berita dari Eurochocolate yang sangat luas di Eropa khususnya di Italia serta banyaknya jumlah pengunjung selama pameran. Untuk selanjutnya diharapkan akan mendorong keinginan pengguna bahan baku coklat Italia dan Eropa untuk membeli kakao Indonesia.

Yang menarik perhatian pengunjung di stand Indonesia adalah adanya biji kakao segar yang kulitnya dibuka sehingga pengunjung dapat melihat dan meraba isi kakao secara langsung, disamping juga bibit tanaman kakao di dalam botol yang diperbanyak secara kultur jaringan merupakan daya tarik tersendiri.

Sebagai informasi Eurochocolate kali ini berlangsung tanggal 16 sampai tanggal 25 Oktober 2009 dengan memamerkan berbagai macam produk yang terkait coklat, dalam bentuk kreasi seni dan bentuk coklat seperti: coklat batere, bentuk laptop, bentuk penggaris, boneka, dll. Tidak ketinggalan Indonesiapun menjual berbagai produk coklatnya dengan berbagai seni dan kreasi al. gambar berbagai pelaku wayang yang merupakan produk coklat dari Dyarra chocolate’n cookies Jogjakarta. Selain itu dijual juga berbagai jenis coklat dari Monggo, Dulibon, Ceres, dan PT. Bumi Tangerang.

No comments:

Ein schoenes Lied

Noch einen schoenes Lied