Friday, October 23, 2009

PTPN XII Jajaki Mendirikan Industri Hilir Kakao



Di sela acara Pameran Internasional Eurochocolate 2009 di Perugia yang sedang berlangsung, Direktur Utama PTPN XII Surabaya Bpk. Nurhidayat didampingi oleh Direktur Pemasaran Bpk. Sugeng B. Raharjo dan Anggota Komisaris Bpk. Syukur Iwantoro serta Atase Pertanian KBRI Roma Dr. Erizal Sodikin melakukan kunjungan ke perusahaan coklat Vannucci yang terletak di kota kecil Pantalla 35 km dari kota Perugia.

Kunjungan yang dilakukan tanggal 21 Oktober 2009 ini diterima langsung oleh Mr. Zamporlini pemilik perusahaan. Dalam pertemuan dan diskusi setelah melihat proses pembuatan coklat, Mr. Zamporlini menjelaskan tentang profil perusahaan yang merupakan perusahaan dalam kategori UKM untuk standar Italia. Perusahaan ini menghasilkan 160 berbagai jenis coklat dengan biaya investasi sebesar sekitar 12 juta Euro.

Melihat dan mendapatkan informasi soal ini, PTPN XII yang mendapat amanah untuk menggarap industri hilir kakao, tertarik untuk melakukan penjajakan dan pembicaraan lebih lanjut soal ini. Dalam pandangan Dirut PTPN XII skala perusahaan seperti Vannucci ini relatif tepat untuk dikembangkan di Indonesia mengingat dalam beberapa proses pembuatan coklat masih banyak menggunakan tenaga manusia alias padat karya. Disamping biaya investasi yang relatif masih memungkinkan dijangkau. Adanya industri hilir kakao diharapkan akan menambah daya serap pasar kakao dalam negeri dan juga meningkatkan konsumsi per orang Indonesia terhadap coklat

Pimpinan PTPN XII dalam kunjungannya ke Italia ini juga akan melakukan pembicaraan dengan beberapa pembeli potensial di Napoli tanggal 22 Oktober dan tanggal 23 Oktober akan mengunjungi pameran Salone del’industria del Benessere e dell’Estetica di Milan yang sekaligus ketemu dengan Mr. Vincenso Sandalj, EO perusahaan importir kopi Sandalj Trading Company Trieste.

No comments:

Ein schoenes Lied

Noch einen schoenes Lied