Wednesday, October 7, 2009

Indonesia jadi Tamu Khusus Eurochocolate 2009

Tanggal 16 – 25 Oktober 2009 yang akan datang akan diselenggarakan kembali pameran Internasional tentang coklat yang lebih dikenal dengan nama “Eurochocolate”. Pameran ini merupakan salah satu pameran tentang coklat terbesar di Dunia yang akan diadakan di kota Perugia, Ibukota Propinsi Umbria, Italia.


Untuk Eurochocolate 2009 kali ini, Indonesia akan menjadi tamu khusus untuk menampilkan segala sesuatunya yang terkait dengan coklat, mulai dari hulu sampai ke hilirnya, termasuk juga keindahan seni dan budaya Indonesia.

Segala persiapan untuk memaksimalkan tampilan Indonesia sedang dilakukan baik oleh Departemen Pertanian melalui Direktorat Pemasaran Internasional P2HP Deptan, maupun oleh KBRI Roma.


Mengawali partisipasi Indonesia itu, panitia Eurochocolate akan mengadakan konferensi pers tanggal 9 Oktober dengan menampilkan beberapa pembicara wakil dari pemerintah Italia, pihak sponsor, organisasi kakao dunia serta Indonesia sendiri yang akan diwakili oleh Wakil Duta Besar RI Roma Bapak Yuwono A. Putranto.


Sampai saat ini sudah terdaftar 26 delegasi dari Indonesia yang akan berpartisipasi dan menghadiri acara pameran. Delegasi Indonesia terdiri dari wakil dunia usaha kakao dan coklat (swasta maupun BUMN), unsur pemerintah pusat maupun daerah, Lembaga Penelitian, BKPM dll.


Beberapa kegiatan yang akan dilakukan Indonesia selama pameran berlangsung selain memamerkan produk kakao dan menjual produk coklat, Indonesia juga akan menampilkan seni tari, mengadakan pertemuan bisnis, menjadi pembicara dalam seminar, dan mengadakan kunjungan ke beberapa perusahaan coklat di Italia, menyajikan makanan khas Indonesia berbasis coklat pada acara Gala Dinner.


Sebagai informasi pada kegiatan Eurochocolate tahun 2008, jumlah pengunjung mencapai 1 juta, menghabiskan 190 ton coklat, dan diikuti 130 perusahaan yang berasal dari berbagai perusahaan coklat terkenal di dunia. Untuk tahun ini target pengunjung diharapkan sama dengan tahun yang lalu bahkan lebih, dan sampai saat sekarang sudah terdaftar 150 perusahaan penghasil coklat. Selain itu 5 negara di luar negara Eropa yaitu, Ghana, Pantai Gading, Meksiko, Brazil, Ekuador juga akan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Untuk mengetahui apa itu Eurochcolate dapat dilihat di websitenya: www.eurochocolate.com.

2 comments:

mr_edsu said...

Jadi tuan Rumah, semoga menjadi kabar baik untuk petani coklat juga di Indonesia.

Faridatul Mukminah said...

aamiin...mohon support dan do'anya ya...

Ein schoenes Lied

Noch einen schoenes Lied