Saturday, November 21, 2009

Pertemuan Mentan Indonesia dengan Menteri Pertanian New Zealand, Mr. David Carter


Menteri Pertanian New Zealand menjelaskan tentang ide pembentukan “Global Alliance on Agricultural Green House Mitigation Research: An International Partnership” yang merupakan usulan Pemerintah New Zealand.

Ide ini bertujuan, antara lain bekerjasama melakukan penelitian mengurangi emisi pertanian, mendapatkan dukungan sumberdaya keuangan internasional untuk penelitian emisi pertanian, kesamaan pemahaman dan cara mengukur emisi pertanian, mendorong penyebarluasan informasi dan penerapan yang penelitian yang konsisten dan metodologi yang terukur, dll.

Mentan Indonesia menyampaikan kesamaan pandangan dukungan dan sepenuhnya terhadap konsep tersebut mengingat isu tentang pengaruh gas rumah kaca yang ditimbulkan oleh pertanian terus meningkat. Mentan juga menyampaikan bahwa Indonesia sangat concern dengan persoalan perubahan iklim global yang dicerminkan oleh keberhasilan Indonesia dalam menghasilkan Bali Road Map yang merupakan bagian tidak terpisahkan dalam pembahasan persoalan perubahan iklim dunia.

Isu lain yang dibahas adalah persoalan ekspor daging New Zealand ke Indonesia setahun terakhir. Mentan menjelaskan bahwa saat sekarang Undang-Undang tentang sistem kehalalan produk sedang dalam proses pembahasan antara Pemerintah dengan DPR,dan institusi lain yang terkait. Persoalan ini tentunya akan dikomunikasikan dengan baik jika nantinya sudah ada ketetapan aturan yang jelas.

No comments:

Ein schoenes Lied

Noch einen schoenes Lied