Friday, November 20, 2009

Krisis Pangan Dunia Butuh Penyelesaian Bersama Seluruh Negara



Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Menteri Pertanian Indonesia Bapak Suswono pada pidatonya yang disampaikan pada Pertemuan ke 36 Konferensi FAO di Kantor Pusat FAO di Roma tanggal 19 Nopember 2009 kemarin.

“Tidak mungkin persoalan pangan global dapat diselesaikan melalui penyelesaian individualis masing-masing negara. Oleh karena itu Indonesia sangat mendukung segala bentuk inisiatif untuk membangun kemitraan global yang lebih baik dan lebih kuat” demikian penegasan Mentan Suswono yang saat sekarang sedang menyelesaikan pendidikan S3 nya di IPB.

Mentan ke Roma selain dalam rangka konferensi FAO juga yang utama dalam rangka mendampingi Bapak Wakil Presiden Indonesia yang menyampaikan pidato pada acara pertemuan puncak dunia tentang ketahanan pangan global (World Summit on Food Security) yang berlangsung di FAO tanggal 16 – 18 Nopember 2009.

Selain menekankan perlunya kerjasama global, dalam pernyataannya, Mentan juga menyinggung beberapa hal yang menyangkut keberhasilan Indonesia dalam mengelola pangan utama penduduknya serta menjelaskan tentang partisipasi Indonesia dalam membantu negara lain melalui kerjasama Selatan-Selatan. Mentan juga menginformasikan beberapa target Indonesia terkait ketahanan pangan seperti: swasembada daging dan gula yang diharapkan dapat tercapai dalam periode lima tahun mendatang.

Terkait juga dengan ketahanan pangan dalam negeri, Mentan juga menekankan tentang salah satu prioritas utama program yang akan dilakukannya yaitu diversifikasi pangan dan penurunan tingkat konsumsi beras per penduduk Indonesia yang dinilai terlalu tinggi.

No comments:

Ein schoenes Lied

Noch einen schoenes Lied