Thursday, October 16, 2008

FAO luncurkan program “Sepak bola melawan kelaparan”


Tanggal 15 Oktober 2008 hari Rabu sore waktu Roma, FAO bekerjasama dengan European Professional Football Leagues (EPFL) meluncurkan suatu program yang dinamakan “Professional Football against hunger”. Peluncuran ini dilakukan di kantor pusat FAO di Roma di sela acara sidang Committee on Food Security (CFS) dan juga terkait dengan peringatan hari pangan sedunia yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober.

Pada peluncuran ini hadir pemain bola terkenal Italia di tahun 90-an Roberto Baggio yang merupakan Duta Kemanusiaan FAO dan Dino Zoff kiper terkenal Italia di era tahun 1970-an. Selain Baggio, FAO juga mengangkat Raul Gonzalez Blanco atau lebih dikenal dengan nama Raul, pemain bola terkenal Spanyol yang sekarang berkiprah di klub Real Madrid.

“Saya merasa sangat terhormat atas penunjukan sebagai Duta kemanusiaan FAO untuk memerangi kelaparan dunia karena tugas memerangi kelaparan ini adalah tugas setiap individu” demikian Baggio mengawali kata sambutannya. Lebih lanjut dikatakannya bahwa tanggung jawab ini juga diemban oleh para generasi muda. “Pada kesempatan ini saya mengajak para generasi muda untuk secara bersama memerangi kelaparan dan hal ini tergantung anda apakah kita akan berhasil menggapai kemenangan sehingga kelaparan tidak lagi terjadi di muka bumi ini” demikian Baggio mengakhiri kata sambutannya.

Sementara Dino Zoff, penjaga gawang Italia terkenal di zamannya dalam sambutannya mengatakan bahwa sepak bola mempunyai tanggung jawab moral untuk ikut memerangi kelaparan dunia. Selanjutnya ditambahkannya bahwa upaya memerangi kelaparan ini adalah tugas yang berat dan bahkan lebih berat dari pada upaya menggapai juara dunia bola kaki.

Peluncuran acara ini selain dihadiri oleh perwakilan pemain sepakbola profesional, juga dihadiri oleh Dirjen FAO, Sekjen EPFL, Menteri Olaha Raga Italia, Austria, dan Sepanyol, serta utusan liga dari beberapa negara seperti Bundes Liga, Liga Italia, Liga Portugal, disamping juga beberapa peserta dari perwakilan negara yang sedang mengikuti sidang CFS.

Kerjasama antara FAO dengan EPFL yang membawahi 28 liga di Eropa ini bertujuan untuk merangsang kepedulian berbagai pihak tentang pentingnya penanggulangan persoalan kelaparan penduduk dunia yang saat sekarang jumlahnya masih mencapai 900 juta jiwa lebih. Disamping itu kerjasama ini juga bertujuan untuk mengkampanyekan penggalangan dana untuk mendukung program pangan FAO khususnya yang terkait dengan program TeleFood yang sudah dirasakan manfaatnya oleh banyak negara berkembang.

Acara peluncuran “Professional Football against hunger” in diakhiri dengan penyerahan kaos bernomor punggung 10 oleh Roberto Baggio kepada Dirjen FAO, J. Diouf dan dilanjutkan dengan penandatanganan plakat oleh berbagai pihak sebagai simbol dimulainya kerjasama ini.
(Pres Release: Erizal Sodikin, Atase Pertanian KBRI Roma)

1 comment:

Faridatul Mukminah said...

Grazie per arrivare al mio blog. Ma non parlo Spagnolo... mie dispiace... Arrivederci...

Ein schoenes Lied

Noch einen schoenes Lied