Friday, October 15, 2010

Bersatu Melawan Kelaparan

Hari ini tanggal 15 Oktober 2010 telah berlangsung peringatan Hari Pangan Dunia di Kantor Pusat FAO Italia. Pada peringatan Hari Pangan Dunia yang ke 30 kali ini, yang bertindak sebagai pembicara utama adalah Paul Kagame, Presiden dari Rwanda.

Pesan utama dari peringatan kali ini adalah bahwa penyelesaian persoalan kelaparan dunia merupakan hal yang mendesak dan kewajiban dari semua institusi dan pemerintahan pada setiap tingkatan. Untuk itu Dirjen FAO dalam kata sambutannya mengajak setiap kita untuk bersatu menyelesaikan persoalan tersebut.

Salah satu persoalan meningkatnya jumlah penduduk lapar dunia sebagaimana yang dikemukakan Dirjen FAO adalah terjadinya tren negatif jangka panjang terhadap bantuan pembangunan di sektor pertanian yang pada tahun 1980-an mencapai sekitar 19% menjadi hanya 3% pada tahun 2006 dan sekarang berkisar 6% saja dari bantuan pembangunan secara umum.

Di sisi lain menurut FAO negara-negara berpendapatan rendah yang mengalami defisit pangan hendaknya mampu meningkatkan anggaran pembangunan pertaniannya dari rata-rata sekarang 5% menjadi paling sedikit 10% dari keseluruhan anggaran pembangunannya.
Sementara itu dalam pidatonya Presiden Kagame mengingatkan beberapa hal untuk menyelesaikan kelaparan dunia salah satunya adalah perlunya realisasi bantuan-bantuan yang dijanjikan pada berbagai pertemuan tingkat dunia serta perlunya kemauan politik (political will) dari pimpinan dunia untuk merealisasikan janji ini.

Pada peringatan tahun ini selain berbicara Direktur Eksekutif WFP dan Presiden IFAD tampil juga Anggun, penyanyi Indonesia yang mendunia dengan menyanyikan sebuah lagu hitnya yang berjudul “Snow on the Sahara” di samping beberapa Goodwill Ambassador FAO lainnya salah satunya Gina Lolobrigida. Pada kesempatan ini FAO juga memberikan penghargaan the Agrocola Medal (post-humous) kepada Dr. Norman Borlaug (alm) yang merupakan bapak revolusi hijau dunia.

No comments:

Ein schoenes Lied

Noch einen schoenes Lied